Home > Uncategorized > Posting Efektif untuk Mendongkrak Pengunjung for blogging

Posting Efektif untuk Mendongkrak Pengunjung for blogging

<!–Post Meta

–>

Rahasia Posting Efektif untuk Mendongkrak PengunjungBanyak cara untuk mendongkrak jumlah pengunjung dan meningkatkan rangking blog anda. Salah satunya dengan memposting artikel.
Tapi tahukah anda bagaimana cara posting yang efektif? Bagaimana caranya agar posting anda bisa memikat pengunjung untuk terus menerus datang ke blog anda?
Selama ngeblog, saya amati ada beberapa hal yang membuat posting bisa menjadi senjata ampuh mendatangkan pengunjung. Di bawah ini ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan ketika memposting.
1. Memposting secara rutin.
Memposting artikel secara rutin sangat berpengaruh terhadap traffic blog anda. Kenapa? Karena pengunjung selalu ingin mencari hal baru dari blog anda. Mereka haus informasi atau tips yang anda tulis. Mereka membutuhkan pencerahan dari blog anda.
Dengan memposting secara rutin, pengunjung juga tahu seberapa aktif anda dalam mengelola blog. Pengunjung juga tahu kapan sebaiknya harus berkunjung ke blog anda. Kalau anda jarang memposting atau jadwal posting anda tak jelas, pengunjung jadi malas datang. Berulang-ulang mereka datang, yang tampil itu-itu saja. Tak ada yang baru!
Sebaliknya, hindari pula memposting terlalu sering. Sebab hasilnya kurang bagus untuk meningkatkan traffic. Pengunjung jadi keteteran untuk mengikuti perkembangan blog anda. Mereka bisa kehilangan jejak atas apa yang anda sampaikan sebelumnya.
Terlalu sering memposting sama buruk efeknya dengan jarang memposting. Karena itu berhati-hatilah. Baiknya anda buat jadwal dan sampaikan secara jelas kapan anda memposting. Biar pengunjung bisa mengikuti postingan terbaru anda dengan nyaman.
Berapa idealnya? Setiap hari, dua hari sekali, atau seminggu sekali? Sampai sekarang belum ada patokan pasti. Yang penting anda KONSISTEN memposting.
Tentu itu bukan berarti anda bisa memposting sebulan atau bahkan setahun sekali. Tak ada pengunjung yang berminat untuk datang ke blog yang hanya diurusi setahun sekali.
Anda bisa memposting setiap hari. Dua hari sekali atau seminggu sekali juga bisa menjadi pilihan. Kalau di blog ini, 3 sampai 5 posting artikel baru bisa anda temukan setiap minggu.
2. Tampilkan Diri anda
Pengunjung datang ke sebuah blog karena tertarik dengan blog itu. Selain karena isi atau tampilan visual, pengunjung juga tertarik pada anda. Ya ANDA! Setiap mereka tiba di sebuah blog, apalagi jika blognya bisa dibilang bagus, pengunjung pasti bertanya-tanya siapa sih pemilik blog ini? Kayak apa sih orangnya?
Karena itu penting untuk menjelaskan siapa diri anda. Sampaikan diri anda dengan jelas terkait dengan topik blog. Tak usah malu menampilkan foto. Meski wajah tak begitu cakep, tapi setidaknya cukup untuk mengobati rasa penasaran pengunjung.  :-)
Dalam posting artikel, pandangan atau pendapat anda tentang sesuatu sangat boleh dimasukkan. Supaya pengunjung juga makin paham jenis manusia seperti apa anda. Sangat mungkin pengunjung memiliki pandangan yang sama dengan anda. Sehingga mereka makin tertarik dengan blog anda.
3. Buat link antar artikel
Ketika membaca sebuah artikel, pengunjung tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut. Di situlah peran link menjadi penting. Link antar artikel akan mengantarkan pengunjung untuk mendapatkan informasi lebih komplit tentang hal yang dicari. Adanya link juga membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda. Sehingga akan meningkatkan traffic dan blog anda.
Buat link antar artikel berdasarkan keyword yang dipakai. Kalau anda sedang menulis tentang “cara memposting” misalnya, buat link dengan “kiat-kiat memposting” dan apapun yang terkait dengan posting.
Penting pula diingat, apapun yang anda posting, buat pengunjung senang dengan apa yang anda tampilkan. Bikin mereka betah untuk berlama-lama dan menjelajahi seluruh isi blog anda. Fokuskan semua posting anda untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Karena begitu pengunjung kurang tertarik dengan posting anda, mereka pasti memutuskan tak lagi datang ke blog anda. Akibatnya anda bukan saja kehilangan traffic, tapi juga back link dan bookmark…

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: